Saturday, May 05, 2012

Tentang FCBarcelona.


Entah apa yang ngebuat gue cinta abis sama football club ini. Pertama kali gue kenal sama club ini adalah dari adik gue, Muhammad Putra Wahyu Usfan Rizky.Namanya panjang ya? Tennag sih, nama gue juga panjang kok..
Okay, daripada ngebahas hal beginian, langsung aja ke inti post nya~


FCB adalah singkatan dari Futbol Club Barcelona (dalam katalan) dan CFB adalah Club de Futbol de Barcelona (dalam bahasa Spanyol).

Barcelona merupakan bagian dari provinsi Katalonia. So, Barcelona adalah club kebanggaan masyarakat Katalonia.
Barcelona sudah ada sejak tahun 1899! Keren ya? Berarti umur club ini di tahun 2012 ini adalah..... 113 tahun!

Tentunya, dalam kurun waktu lebih dari seabad ini Barcelona telah mengalami banyak perubahan. Mulai dari para pemain (tentu dong.. Bayangin aja kalau pemainnya samaaa terus selama 113 tahun ini--") kualitas permainan sampai lambang/logo clun Barcelona juga sudah berubah-ubah.. Mua tau logo Barcelona dari dulu sampai sekarang?

Lambang pertama Barca
Bentuknya diamond yang dibagi 4. Gambar merah-kuning adalah bendera Katalan. merah-putih adalah bendera Indonesia. Eh engga ding, maksudnya merah-putih di situ adalah gambar saint george cross (santo pelindung Barca). Dan di atasnya ada kelelawar dan mahkota. Kenapa mistik banget ya?._.VVV 

Lambang kedua Barca
Dibuat oleh Charles Comamala. Ini adalah design berbentuk mangkuk dimana dua kuartal atas: Merah untuk saint george cross dan Kuning sebagai bendera/lambang Katalonia (Barcelona).


Pemilik Barca yang baru, Franco yang juga diktator Spanyol tidak begitu tertarik dengan Catalinsm. Jadi, ia membuat lambang/logo dengan menyingkirkan bendera resmi Katalunya. Dia juga mengubah FCB menjadi CFB (lihat di bagian awal).

Lambang Barcelona dari tahun 2002 hingga sekarang

Dibuat oleh Claret Sharima tahun 2002. The blaugrana (merah dan biru) adalah garis-garis warna club FCB dan menjadi unsur yang menonjol pada seragam mereka. Joan Gamper, pendiri club pada tahun 1899 berkata bahwa warna biru merupakan lambang dari FCBarcelona.

Ya kan? Lambangnya berubah dari waktu ke waktu seiring berubahnya para pemimpin atau engga pemilik dari club tersebut. Gimana? Kerenan lambang yang sekarang kan? muehehehe


Barcelona dijuluki La Blaugrana (merah dan biru).
Barcelona telah:

  • Menjuarai La Liga 18 kali.
  • 24 kali meraih Piala Raja Spanyol
  • Menjuarai Piala Super Spanyol tujuh kali
  • Menjuarai Liga Champions dua kali
  • Meraih Piala Winners empat kali
  • Meraih Piala Super Eropa dua kali
Keren kan? Barca gue gitu..

Mmmm..
Fans Barca kan? Nama fans club nya apa?:p
Nama fans club Barcelona adalah cules. 

So, are you cules?

Ngomong-ngomong soal fans, Barcelona memiliki fans yang banyak dan tentunya kaya gue setia *ceesss*
Yaap. Survey membuktikan 25% masyarakat Spanyol adalah pendukung Barcelona. *applause*
Uuuy, 25% itu bukanlah jumpah yang sedikit loh:p Lagian, itu baru yang di Spanyol. Belum yang di luar Spanyol. Hehehe


Barca bermarkas di stadion Camp Nou, yang mampu menampung sekitar 98.700 penonton! Jadi, gausah terlalu khawatir bakal kehabisan seat ya:p
Klub ini merupakan salah satu pelopor dibentuknya kompetisi La Liga atau Divisi Satu pada musim 1928/29, bersama dengan Real Madrid and Athletic Bilbao. Barca berhasil menjadi juara pada musim pertama La Liga. Ketiga klub tersebut belum pernah terdegradasi sampai saat ini.
Tapi dalam soal prestasi, hanya Real Madrid yang mampu menyaingi Barca. Mmm.. Setuju ngga ya...


Pertemuan antara Barcelona dan Real Madrid di La Liga selalu menarik banyak perhatian. Tentunya perhatian para pecinta sepak bola. Duel kedua tim tersebut dinamakan "El Clasico" karena mereka hampir selalu bergantian mendominasi liga.


Selain itu, ada juga pemain Barca yang pindah ke Madrid. Yaitu Luis Figo, gelandang asal Portugal. Saat El Clasico berlangsung, Luis mendapatkan sambutan 'hangat' dari para penonton. Selain disiuli dan diteriaki sepanjang pertandingan, Luis juga diberikan kepala babi saat akan mengambil tendangan sudut.
Woaah serem._.

No comments:

Post a Comment